Pilih Aplikasi ERP Web-Based atau Desktop?

Posted on Updated on

Tahukah rekan-rekan mengenai ERP “Enterprise Resource Planning”? Atau mungkin pernah mendengarnya? ERP merupakah suatu aplikasi/software yang dapat mengintegrasikan semua fungsional bisnis perusahaan dari hulu ke hilir. Fungsional bisnis yang saya maksud adalah sistem yang terkait dengan fungsi Sales, Marketing, HRM, Finance, Production/Operation, Accounting, Inventory dan masih banyak fungsional bisnis lainnya.

Katakanlah anda adalah seorang Manajer HRD yang bertanggung jawab untuk mengatur proses rekrutmen, mengelola SDM, mengatur cuti, payroll, memberi training, dan lainnya. Perusahaan anda ternyata mengalami pertumbuhan, karyawan semakin bertambah. Pekerjaan anda semakin banyak yang belum terselesaikan dan sering terjadi duplikasi data. Maka anda harus keluar dari permasalahan ini. Kemudian anda mencari sistem yang lebih baik. ERP ini lah salah satu yang membantu pekerjaan anda.

Setelah mencari beberapa referensi, aplikasi ERP dapat diimplementasikan dengan 2 cara-yaitu melalui web-based maupun desktop. Apa perbedaan nya? ERP berbasis web-based adalah customer tidak perlu menginstal aplikasi tersebut ke dalam komputer. Customer dapat menggunakannya langsung melalui web browser. Web browser yang dapat digunakan adalah google chrome, Mozilla firefox, internet explore dan lainnya. Dikarenakan menggunakan web browser, maka customer memerlukan koneksi internet untuk mengakses aplikasi tersebut. Customer dapat memilih Internet Service Provider (ISP) apa saja.

Sedangkan ERP berbasis desktop adalah customer harus terlebih dahulu menginstal aplikasi ke dalam komputer sehingga dapat digunakan. Setiap user desktop akan diinstal aplikasi dan antara user satu dengan yang lain masih bersifat independen, belum bisa terintegrasi secara langsung.

Jadi pilih aplikasi ERP web-based atau desktop? Berikut informasi yang dapat saya jelaskan mengapa customer memilih aplikasi ERP berbasis web ataupun desktop.

1

2

Seiring  Perkembangan teknologi cloud computing yang semakin maju dan fasilitas internet yang semakin baik, maka saya lebih menyarankan perusahaan-perusahaan menggunakan ERP web based. ERP web-based memungkinkan modul satu dengan modul lainnya saling terintegrasi, lebih mobile, dapat diakses kapan saja dan dimana saja, user friendly, mudah digunakan dan simple.

Jadi pilih aplikasi ERP web-based atau desktop? Semoga rekan-rekan tidak “dilemma” dalam mengambil keputusan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s